Kumpulan Jenis - Jenis Hantu Di Indonesia Yang Paling Populer Di Masyarakat

1. Pocong

Pocong adalah sejenis hantu yang berwujud guling. Di Indinesia, hantu semacam ini dikenal pula sebagai hantu bungkus. Lokasi persemayaman nya biasanya hantu pocong lebih suka berdiam diri di area yang terlihat lebih banyak batang pohon pisang.

Pada awal mulanya hantu pocong hanya berkembang di Indonesia saja, namun dengan seiring berjalannya waktu, kini di negara tetangga pun Malaysa mengenal hantu ini. Namun di negara Malaysa sedikit agak berbeda, hantu pocong lebih dikenal sebagai hantu bungkus.

Kepercayaan dari warga Malaysa akan adanya eksistensi hantu bungkus ini,  justru sedikit banyak dipengaruhi oleh para pendatang yang berasal dari Indonesia yang masuk ke Malaysa.

Di Indonesia sendiri hantu pocong sangat terkenal sama halnya dengan hantu kuntilanak atau hantu lainnya. Bahkan hantu pocong ini kerap kali jadi bahan untuk dibuatkan film bergenre horor. Film hantu pocong ini telah diputarkan hampir serentak di seluruh bioskop di pelosok tanah air. Kisah cerita nya pun tak kalah seram, seru dan menantang keberanian diri akan mengenal sosok hantu yang satu ini.

Dikatakan, ciri dari hantu pocong ini ialah dia memiliki wajah yang pucat hijau dengan tatapan muka yang kosong. Namun ada juga sebagian yang mengatakan bahwa hantu pocong itu berwajah hitam legam seperti layaknya wajah mayat yang telah lama membusuk.

Penggambaran lainnya ada juga yang mengatakan kalau bentuk wajah hantu pocong itu rata namun memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas.

Dalam segi penampakkannya hantu pocong kerap kali mendatangi atau menampakkan dirinya pada salah satu kerabat yang ditinggalkannya. Menurut cerita lainnya, hantu pocong sering menampakkan wujudnya di sudut - sudut rumah yang gelap atau di tempat yang terbilang sepi.  

Hantu pocong merupakan suatu bentuk protes dari si mayat yang di waktu proses penguburannya tidak sempurna. Hal itu terjadi karena kerabatnya lupa untuk membuka ikatan tali pocong pada ikatan si mayat, sehingga pada malam harinya pocong tersebut akan pergi menemui atau mencari salah satu kerabat keluarganya untuk membukakan kembali ikatan tali pocong yang masih terikat tersebut.

2. Tuyul

Sesosok tuyul bergambaran yang terlihat seorang bocah kecil atau orang kerdil dengan kepala gundul pelontos yang memakai celana dalam berwarna putih. Konon katanya sesosok tuyul ini bisa dimanfaatkan oleh seorang manusia yang bertujuan hanya untuk meraih kekayaan. 

Tuyul dapat dipekerjakan oleh manusia. Biasanya orang yang menjadi majikan tuyul punya alasan tertentu, terutama dalam hal mencuri uang untuk memperoleh harta kekayaan.

Cara untuk menangkal dari perbuatan tuyul yang suka mencuri uang, biasanya orang akan memasang yuyu anak kepiting di setiap sudut rumahnya. Karena tuyul dipercaya sangat menyukai yuyu, sehingga ia akan lupa pada tugas yang diperintahkan majikannya.

3. Kuntilanak

Kuntilanak adalah sesosok makhluk hantu perempuan yang selalu mengenakan pakaian panjang berwarna putih namun ada juga yang merah. Kuntilanak adalah hantu yang diyakini berasal dari wanita hamil yang meninggal, atau wanita yang meninggal saat melahirkan dan anaknya belum sempat dilahirkan, tetapi meninggal dalam perut bersama ibunya.

Kata orang biasanya hantu kuntilanak yang berpakaian putih dia menampakkan diri jikalau tak sengaja namun berbeda dengan kuntilanak yang berpakaian merah konon katanya hantu ini terlihat lebih agresif dari kelakuannya yang usil, bahkan hantu kuntilanak berbaju merah bisa saja membuat celaka kita.

4. Genderuwo

Menurut sepengetahuan orang yang pernah atau sempat melihat makhluk tak kasat mata Genderuwo ini konon, sosok nya itu terlihat tinggi besar, berbulu lebat, dan bahkan mempunyai kuku yang panjang juga.

Hati - hati buat para suami yang selalu meninggalkan istri - istrinya sendirian! Genderuwo selalu mengintai perempuan atau istri - istri yang kesepian.

Genderuwo dapat mengubah tampilan fisiknya untuk mengelabui seseorang dan menarik perhatian korban. Genderuwo adalah makhluk gaib yang diyakini menganggur dan bermoral, karena kecenderungan untuk mengganggu manusia, terutama pada setiap perempuan. Genderuwo sangat suka menampar pantat wanita, membelai tubuhnya saat ia tertidur, atau bahkan bergerak membuka pakaian dalam wanita untuk pelampiasaan keinginannya. Genderuwo terkadang juga berubah bentuk menjadi makhluk kecil yang biasa berbulu dalam waktu sekejap.

5. Kuyang

Kuyang merupakan siluman berwujud kepala manusia dengan isi tubuh yang menempel tanpa kulit dan anggota badan yang dapat terbang untuk mencari darah bayi atau darah seorang wanita yang setelah melahirkan. Makhluk ini sempat menjadi topik perbincangan masyarakat Kalimantan. Kuyang sebenarnya adalah manusia (wanita) yang menuntut ilmu ajaran hitam untuk mencapai suatu kehidupan yang abadi.

Pada siang hari, kuyang akan menempuh hidup sehari - hari sebagaimana manusia biasanya, tetapi biasanya ia mengenakan pakaian jubah. Pada malam hari kuyang akan terbang untuk mencari darah bayi atau darah persalinan untuk dihisap sebagai sarana menambah kekuatan ilmunya. Orang yang melihat kuyang terbang biasanya melihatnya seperti burung besar.

Untuk berani menghadapi makhluk tersebut, kalian jangan lupa untuk mempersiapkan untuk menghadapinya untuk memakaikan sapu ijuk atau memukulkan perabot rumah tangga seperti panci atau wajan. 

6. Sundel Bolong

Sundel Bolong adalah salah satu bagian dari mitos hantu nusantara yang pada umumnya digambarkan sebagai hantu wanita cantik berambut panjang dan berpakaian gaun panjang berwarna putih, namun pada bagian punggung nya bolong sekilas penampilannya agak mirip dengan hantu kuntilanak.

Banyak orang yang menyangka kalau hantu sundel bolong itu sama dengan hantu kuntilanak. Itu mungkin dikarenakan keduanya memiliki kesamaan yang hampir mirip, keduanya sama - sama hantu wanita berambut panjang serta memakai gaun putih.

Sebenarnya hantu sundel bolong bukanlah hantu kuntilanak, yang membedakan mereka terletak pada bagian punggungnya. Ini dikarenakan hantu sundel bolong berasal dari arwah yang mati ketika sedang ingin melahirkan, sehingga ia harus melahirkan didalam kubur, dan cara melahirkan nya pun berbeda dengan manusia. Hantu sundel bolong melahirkan lewat punggung, sehingga dari punggungnya itu sendiri bolong.

7. Hantu Jaring

Hantu jaring merupakan sosok hantu yang terbilang fenomenal bagi kalangan orang awam karena sosok yang satu ini tak banyak orang mengetahuinya. Sosok yang satu ini sempat menggemparkan yang sempat ditemukan oleh warga kalimantan. Peristiwa itu menurut warga setempat, ditemukan di siang hari ketika cuaca hujan turun kecil. Konon katanya hantu jaring sering muncul ketika cuaca hujan kecil.

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Horor Kejadian Suster Gepeng di Rumah Sakit Soetomo di Daerah Surabaya

Mengungkap Sebuah Misteri Yang Menjadi Perbincangan Pantai Garut Selatan

Kisah Nyata Yang Berasumsi Main Dukun/Ilmu Hitam