Dunia Mistis Seputar Penjelasan Mengenai Apa Itu Khodam?

Apa Yang Dimaksud Dengan Khodam?

Masih banyaknya kejadian mistis yang sering kali terjadi entah itu di rumah, diperjalanan, maupun dimanapun saat kalian berada. Kadang sebagian orang menganggap bahwa tentang mistis itu sangat menyeramkan namun sebalik nya juga ada yang terbilang menyenangkan. Entah dari mana juga ya sebagian mereka berpikir akan hal mistis itu terbilang seru? Yuk kita coba bahas seputar mistis dan sekaligus disini saya akan menjelaskan mengenai sebagian orang yang bertanya - tanya tentang mistis apa yang dimaksud dengan khadam.

Pengertian Khodam dan Keberadaannya

Khodam adalah istilah bahasa untuk makhluk halus tertentu yang bisa dimintai bantuannya atau diharapkan kegaiban atau tuahnya oleh manusia, yang menjadi sumber kekuatan dari ilmu ghaib, atau makhluk halus yang sehari - harinya mendampingi seseorang.

Khodam juga istilah untuk sesosok makhluk halus yang sudah dijadikan sebuah benda bertuah, yang menjadi sumber kekuatan ghaib dari sebuah batu akik, jimat, mustika, pustaka, dan masih banyak juga yang lainnya.

Ada banyak sekali makhluk halus di muka bumi ini. Yang disebut khodam adalah makhluk halus yang mau dimintai bantuan ghaibnya (diperintah) oleh seseorang untuk melakukan sesuatu perbuatan ghaib tertentu. Jika makhluk halus itu tidak mau dimintai bantuan ghaibnya (tidak mau diperintah), maka makhluk halus ini tidak atau bukan dinamai khodam, melainkan hanya makhluk halus biasa saja yang sama dengan makhluk halus lainnya yang pada umumnya.

Dan sebuah benda disebut Berkhodam jika makhluk halus yang berdiam di dalamnya mau dimintai bantuannya (diperintah) untuk melakukan suatu perbuatan ghaib tertentu atau bendanya memberikan tuah kegaiban tertentu bagi pemiliknya atau pemakainya. Jadi jika makhluk ghaib didalamnya tidak mau di perintah, atau bendanya tidak memberikan tuah ghaib tertentu bagi pemiliknya, maka benda itu tidak disebut sebagai benda berkhodam, hanya benda biasa saja yang berpenghuni ghaib, tidak bertuah, dan tidak bisa menjadi jimat atau pusaka bagi seseorang karena tidak bertuah.

Makhluk halus khodam bisa juga dikatakan dalam istilah lain yaitu bisa khodam jimat atau pusaka, khodam ilmu atau pendamping, bisa juga makhluk halus yang dipanggil datang atau dihadirkan untuk diperintah melakukan sesuatu perbuatan ghaib.

Jenis makhluk halus khodam bisa berupa dari jenis apa saja, bisa bangsa jin, genderuwo, kuntilanak, sukma manusia (arwah), bisa juga berasal dari khodam mustika, batu akik, jimat dan pusaka. Makhluk ghaib khodam bisa berdiam di dalam sebuah benda ghaib, bisa juga menjadi khodam manusia dengan cara mendampinginya atau masuk kedalam badan, atau didatangkan (dihadirkan) untuk diperintah melaksanakan tujuan dari ilmu ghaibnya seperti untuk ilmu keselamatan, kekuatan, kekebalan, kesaktian, pelet, santet, guna - guna, pengasihan, penglaris dagangan, pesugihan, penundukan dan lain - lain. Jenis - jenis ilmu inilah yang biasa di sebut ilmu khodam, yaitu ilmu ghaib yang menggunakan jasa sesosok makhluk ghaib sebagai sumber kekuatan ilmunya.

Tetapi, tidak semua makhluk halus dapat diperintah, tidak semua makhluk halus mau untuk dijadikan khodam, dan tidak semua makhluk halus yang tinggal di dalam sebuah benda mau memberikan tuahnya kepada manusia, dan tidak semua benda berisikan makhluk ghaib akan bertuah.

Jadi jika sesosok makhluk halus tidak mau diperintah, tidak mau dimintai bantuannya, maka makhluk halus itu tidak bisa dinamai khodam, tetapi hanya makhluk halus biasa saja sama dengan makhluk halus lainnya, atau jika sebuah benda berpenghuni ghaib tidak memberikan tuah apa - apa bagi pemiliknya, maka benda itu tidak bisa di sebut benda berkhodam, hanya benda biasa saja yang berpenghuni ghaib di dalamnya, dan tidak bisa menjadi jimat atau pusaka bagi seseorang, karena tidak memberikan tuah apa - apa.

Singkatnya, tidak semua makhluk halus disebut khodam. Hanya yang mau dimintai bantuannya saja yang disebut khodam, atau yang keberadaannya memberikan tuah saja kepada manusia.

Secara Umum:

Khodam ilmu dan khodam pendamping bisa makhluk halus jenis apa saja, umumnya bangsa jin. Khodam jimat batu cin - cin, rajahan dan khodam isian atau asma'an bisa dari jenis apa saja, umumnya bangsa jin. 

Khodam keris jawa (keris sepuh buatan empu keris) dan benda - benda pusaka buatan empu keris jawa umumnya khodamnya adalah makhluk halus sebangsa wahyu keris, yang komunitasnya tinggal di atas Gunung Himalaya, dekat kediaman para dewa di Kahyangan.

Khodam Mustika (Asli Alam), biasanya bukan bangsa jin. Hanya sedikit biasanya yang khodamnya bangsa jin. Jenis mustika biasanya khodamnya adalah jenis tersendiri. Mustika yang sejenis biasanya khodamnya juga dari jenis yang sama. Mustika lain yang berbeda khodamnya juga dari jenis yang berbeda.

Khodam Mustika Wesi Kuning jenisnya sama, wujudnya juga sama, seperti manusia laki - laki kekar bertelanjang dada dan kepala botak.

Khodam Mustika Merah Delima jenisnya sama, tetapi wujudnya tidak selalu sama, bisa seperti bapak - bapak berjubah, ibu - ibu berkemben, ksatria laki - laki atau perempuan, bisa juga seperti anak - anak.

Khodam Mustika Wesi Kuning berbeda jenis dengan Khodam Mustika Batu Merah Delima. Khodam Mustika Keong Buntet, Burung Perkutut Majapahit dan Burung Perkutut Jawa Berbulu Putih biasanya adalah bangsa jin dari golongan putih.

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Horor Kejadian Suster Gepeng di Rumah Sakit Soetomo di Daerah Surabaya

Mengungkap Sebuah Misteri Yang Menjadi Perbincangan Pantai Garut Selatan

Kisah Nyata Yang Berasumsi Main Dukun/Ilmu Hitam