Penjelasan Seputar Dunia Mistis Tempat Angker Yang Berlokasi Di Garut Jawa Barat

1. Gunung Gelap

Gunung Gelap memiliki kisah misteri, terutama bagi orang-orang Garut. Sebagian orang takut melewati jalan yang melintas gunung tersebut sendirian di malam hari karena takut ada penjahat. Ketakutan warga seperti itu ditunjang pula dengan cerita mistisnya seperti ini:

Sudah banyak orang tahu bahwa Garut memiliki banyak sekali jawara yang sakti. Ini kadang-kadang terasa ketika saya berkenalan dengan orang luar Garut, ada yang menyambut saya dengan lebih hormat dan takut. Kemudian, mereka berbicara bahwa di Garut itu banyak santri sambil sedikit memberikan ruang untuk melanjutkan pembicaraan, tapi tidak berlanjut karena mata mereka malah sedikit menatap mata saya dengan penuh penasaran.

Sebagai lawan ngobrol yang baik, saya langsung melanjutkan saja: “Banyak orang-orang sakti ya Mas….?”  Nah, jika saya sudah menyebutkan orang sakti di depan orang-orang terminal di luar Garut biasanya mereka lebih semangat bercerita tentang kedigjayaan jawara Garut. Ah saya mah kuam-keom, sura-seuri saeutik we (senyum-senyum sedikit saja) karena saya sendiri tidak ikutan.

Gunung Gelap dimitoskan sebagai tempat berkelahi dua jawara Garut Selatan yang sedang adu kekuatan saling menguji kesaktian. Mereka adalah jawara Pameungpeuk dan Cisompet.

2. Leuweung Tiis

3. Tanjakan Penganten

Ada sebuah tanjakan yang sering menelan korban akibat kecelakaan di Garut, Jawa Barat. Warga memberi nama Tanjakan Panganten. Tanjakan Panganten (Pengantin) itu terletak di Jalan Raya Pakenjeng-Pamulihan, Kampung Cisandaan, Desa Halimun, Kecamatan Pamulihan, Garut. Sekitar 50 kilometer dari pusat kota Garut.

Disebut tanjakan karena jalan ini terletak di sebuah tebing. Tanjakan ini memiliki medan yang menanjak dengan tingkat kemiringan sekitar 45 derajat.

Jalan menanjak dengan panjang sekitar 700 meter tersebut menyimpan cerita mistis. Warga setempat, Ajang Sulaeman (46) menjelaskan di tempat tersebut sering terjadi kecelakaan yang menyebabkan pengantin menjadi korban.

"Memang betul warga di sini mengenal tempat ini Tanjakan Panganten. Disebut demikian karena sering terjadi kecelakaan. Korbannya pengantin," ungkap Ajang di Tanjakan Panganten, Minggu (5/11) petang.

Ajang menjelaskan pada tahun 2013 lalu, ada rombongan pengantin yang mengalami kecelakaan di wilayah tersebut. Akibatnya sepasang pengantin mengalami luka berat.

"Kalau gak salam rombongan (pengantin) dari Banyumas. Itu sopir busnya meninggal, pengantinnya pada luka parah terus ada belasan orang juga yang cedera," katanya.

Menurut mitos yang berkembang di lingkungan warga setempat, untuk menghindari kecelakaan, pasangan pengantin yang akan melewati jalan ini harus turun terlebih dahulu dari kendaraan dan melewati Tanjakan Panganten dengan berjalan kaki. Pengantin naik (kendaraan) lagi kalau udah beres lewat tanjakan.

4. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray adalah salah satu personil dari tiga gunung yang sangat terkenal di kabupaten Garut, yakni Paguci (Papandayan, Guntur dan Cikuray). Gunung ini terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Ketinggiannya yang mencapai 2.821 mdpl membuat gunung Cikuray menyandang status sebagai gunung tertinggi di kabupaten Garut dan berada pada urutan ke-4 dalam jajaran Gunung - Gunung Tertinggi di Jawa Barat.

Menurut beberapa naskah kuno, gunung Cikuray dahulunya adalah gerbang menuju kerajaan Sunda, Padjadjaran. Pada abad 17, lereng gunung Cikuray merupakan tempat pemukiman para pendeta dan menjadi pusat pembelajaran berbagai macam ilmu, sehingga tempat itu menghasilkan begitu banyak naskah-naskah kuno yang menjadi objek penelitian para ahli sejarah. Naskah-naskah tersebut bisa kamu temukan di Kabuyutan, Ciburuy Garut.

5. Sawah Lega 




Comments

Popular posts from this blog

Cerita Horor Kejadian Suster Gepeng di Rumah Sakit Soetomo di Daerah Surabaya

Mengungkap Sebuah Misteri Yang Menjadi Perbincangan Pantai Garut Selatan

Kisah Nyata Yang Berasumsi Main Dukun/Ilmu Hitam