Sejarah Mistis Tentang Lokasi Taman Maluku Citarum Yang Berada Di Kota Bandung Mystical History of the Location of the Maluku Citarum Park Located in the City of Bandung


Citarum Bandung Punya Cerita Mistis

Salah satu destinasi liburan favorit warga Jawa Barat bersama rekan ataupun keluarga, paling seru yaitu ke Kota Bandung. Selain terkenal dengan banyaknya rasa cita kuliner, banyak juga tempat - tempat yang layak dikunjungi, salah satunya yaitu Taman Maluku.

Taman yang terletak di daerah Citarum, Bandung Wetan, ini selalu didatangi banyak pengunjung karena selain tempatnya yang bersahaja untuk sekedar bersantai pada siang hari. "Memang sering ke sini sih kalo lagi zam makan siang karena lagi PKL juga disana jadi ya kalo istirahat saya suka ke sini" ujar Lani seorang perempuan yang sedang berkunjung di Taman Maluku.

Namun siapa sangka, ternyata ada juga sisi lain dari Taman Maluku yang menarik perhatian bagi para pecinta kisah horor. Tak lain dan tak bukan ialah patung yang menjadi maskot taman kota tersebut, Patung Pastor H.C Verbraak. Patung itu sering kali menjadi perbincangan masyarakat setempat melalui cerita - cerita mistis yang banyak dialami mereka ketika melewati taman tersebut.
Henricus Cristiaan Berbraak, lahir di Rotterdam pada 24 Maret 1835. Pada mulanya, ia ingin menjadi pedagang, tapi pada usia 27 ia justru mengikuti panggilan hatinya untuk belajar Teologi.
Setelah ditasbihkan sebagai pendeta pada 1869, tugas pertamanya adalah menjadi misionaris di Kota Padang. Kemudian, ia pindah ke Aceh pada 1874 hingga 1907. Setelah pensiun, Verbraak bermukim di Magelang, kota militer di Jawa Tengah. Pada 1918, iapun dinyatakan meninggal dunia.

Nah di Bandung, lembaga The Dutch East Indian Army mengumpulkan dana untuk mendirikan patung Pastor Verbraak pada 27 Januari 1922 di sebuah taman yang kala itu bernama Paradisi In Sole Paradisus Terrestris. Patung ini dirancang di Belanda oleh seniman G.J.W. Rueb.

"Kalo nongkrong di sini cuman takut sama patung itu saja, kaya serem gitu" tutur aulia warga lainnya yang sedang berkunjung ke Taman Maluku.
Konon katanya Patung Verbraak diletakan disana dikarenakan sang pastor mengalami kecelakaan pesawat. Namun menurut penelitian sang pastor tidak pernah menginjakkan kakinya di Bandung.
Mitos lainnya menyebutkan, patung ini akan bergerak bila malam hari dan konon katanya juga suka berpindah - pindah tempat. Menurut warga sekitar matanya yang tertuju ke Jalan Seram itu akan melihat siapapun yang melintasi Jalan Citarum.

Tak hanya itu, masih banyak mitos yang menyebar dikalangan masyarakat tentang Taman Maluku. Ada yang berpendapat bahwa di Taman Maluku terdapat Noni Belanda, yang berbusana serba putih dan tinggi. Ada juga yang pernah melihat sesosok Buto Ijo.

"Katanya didekat ayunan sana banyak anak - anak yang bermain juga, kata orang mah gitu" ujar kata Lani.

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Horor Kejadian Suster Gepeng di Rumah Sakit Soetomo di Daerah Surabaya

Mengungkap Sebuah Misteri Yang Menjadi Perbincangan Pantai Garut Selatan

Kisah Nyata Yang Berasumsi Main Dukun/Ilmu Hitam