Misteri Gunung Salak Yang Dipercayai Menjadi Suatu Lokasi Persinggahan Prabu Siliwangi


Mitos dan misteri Gunung Salak, Siapa yang tak kenal dengan Gunung Salak? Misteri keangkeran Gunung Salak sudah sangat terkenal, dari insiden kecelakaan pesawatnya bahkan sampai keberadaan kerajaan gaib.

Gunung Salak merupakan salah satu gunung yang terkenal di Jawa Barat. Gunung Salak terletak di wilayah Bogor dan Sukabumi. Gunung ini memiliki ketinggian 2.211 mdpl. Gunung Salak dikelola sebagai Taman Nasional Gunung Halimun - Salak sejak 2003.

Misteri yang paling terkenal di gunung tersebut adalah Kisah Ngahyang atau moksanya Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran yang memutuskan untuk menghilang dari dunia nyata setelah terdesak pengaruh Islam pada masanya.

Gunung Ini Memiliki Beberapa Fakta Menarik Yang Terkait Mistis Dari Keindahannya

1. Misteri Dan Mitos

Gunung Salak sering disebut gunung terangker di Jawa Barat. Kisah misterinya antara lain beberapa pendaki hilang bahkan meninggal dan adanya kejadian mistis yang sering dialami orang yang datang ke sana.

Mitosnya, terdapat pusat kerajaan gaib di Puncak Manik Gunung Salak. Puncak Manik layaknya tempat suci yang dinetralkan dari aktivitas manusia. Lagi - lagi karena banyak pendaki yang tidak dapat mencapai puncak karena cuaca buruk.
Selain itu, penduduk yang berada di lereng Gunung Salak percaya bahwa adanya makhluk gaib. Makhluk itu merupakan perwujudan dari seorang raja yang dikenang sepanjang zaman, yakni Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi.

2. Pantangan

Ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar bagi yang hendak datang ke kawasan Gunung Salak, yaitu dilarang memetik bunga anggrek. Selain itu juga jangan menanyakan dimana keberadaan buah salak di Gunung Salak.
Asal usul nama salak sebenarnya berasal dari bahasa sansekerta 'Salaka' yang berarti perak. Maka Gunung Salak bermakna 'Gunung Perak'. Bukan hanya mengacu pada buah salak saja.

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Horor Kejadian Suster Gepeng di Rumah Sakit Soetomo di Daerah Surabaya

Mengungkap Sebuah Misteri Yang Menjadi Perbincangan Pantai Garut Selatan

Kisah Nyata Yang Berasumsi Main Dukun/Ilmu Hitam