Mitos Terkait Hantu Jaring Di Kalimantan Barat

Sembunyikan Anakmu Dari Hantu Yang Mengintai Di Keadaan Gerimis Hujan Panas

Kebanyakan masyarakat Kalimantan pasti mengetahui mitos hantu jaring. Cerita mistis itu didongengkan oleh seorang kakek tua kepada anaknya. Ada orang yang mempercayai, ada juga orang tua yang menggunakan mitos tersebut untuk melarang anaknya bermain hujan.

Dalam mitos masyarakat Kalimantan, Hantu Jaring disebut juga dengan sebutan Hantu Hujan Panas yang akan muncul dikala hari sedang hujan namun panas juga. Hantu ini biasanya mincul di area sawah, hutan, dan bahkan pemukiman area sekitar.

Efek dari hantu ini, ia akan menyembunyikan sebagian anak kecil yang kiranya sedang bermain disaat keadaan tersebut ditambah lagi jika ia sedang bermain di kala sendiri.

Menurut berbagai sumber, hantu ini berwujud bayangan hitam yang muncul di area semak - semak. Wajah hantu jaring yang datar, pandangan kosong, tapi tidak memiliki hidung dan mulut. Jika hantu ini muncul di sekitar anak - anak yang bermain saat hujan panas, niscaya di percayai akan ada anak yang hilang.

Mitos lainnya, hantu ini menggunakan jaring untuk menangkap mangsanya. Anak yang terkena jaring tersebut akan masuk ke alam gaib. Ada juga yang bilang, jika anak sudah terkena jaring itu, dia akan sakit panas secara mendadak.

Untuk mencegah hal yang tidak di inginkan, orang tua biasanya melarang anaknya untuk bermain hujan karena faktanya juga memang gak baik juga buat kesehatan. Ada juga cara untuk menangkal gangguan hantu jaring ini, yakni dengan rumput. Rumput tersebut disisipkan ke daun telinga. Dengan cara tersebut niscaya keberadaan kita tidak bisa dilihat oleh hantu tersebut dan akan aman juga dari gangguannya.

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Horor Kejadian Suster Gepeng di Rumah Sakit Soetomo di Daerah Surabaya

Mengungkap Sebuah Misteri Yang Menjadi Perbincangan Pantai Garut Selatan

Kisah Nyata Yang Berasumsi Main Dukun/Ilmu Hitam